Menangkap Ikan Dapat Menambah Kecerdasan Anak Anda

Bermain air merupakan salah satu kesenangan anak. Kegemaran anak bermain basah-basahan ternyata bisa membuat anak menjadi cerdas. Menyikapi hal ini BATITA CLASS Yaumi Fatimah sering mengemas kegiatan ini menjadi lebih menarik bagi siswa-siswinya.

Berbagai manfaat bisa didapatkan oleh anak saat menangkap ikan, dimana kecerdasan anak akan bertambah, selain melatih motorik dan sensoriknya.

Menangkap ikan dalam kolam, anak akan merasakan sensasi dinginnya air, ditambah dengan melihat ikan bergerak di sekelilingnya.

Motorik dan sensorik anak, akan terasah ketika menangkap ikan di dalam kolam. Dimana, ikan hidup akan sulit ditangkap, sehingga anak akan berusaha segesit mungkin supaya hewan buruannya bisa tertangkap. Sehinga, anak akan memasang strategi untuk bisa menangkap ikan.

Saat ini, guru atau orang tua bisa memberi pengertian jika ikan hidup di dalam air, sehingga ketika berada di daratan maka ikan akan sulit bernafas.

Pada proses tersebut, Guru atau orang tua juga bisa memberi penjelasan alat pernafasan pada ikan, juga menyuruh anak untuk melepaskan ikan dengan alasan semua makhluk hidup harus disayangi bukan disakiti.

Bagi anak yang masih sangat kecil, kegiatan menangkap ikan bisa menambah kosa kata, seperti apa itu anyir, apa itu licin dan kosa kata lainnya.

Untuk anak yang sangat kecil, ikan berukuran agak besar menjadi pilihan, karena motoriknya masih belum sempurna, sehingga dengan ikan berukuran besar akan memudahkan anak memegang dan menangkapnya.

Namun, untuk anak yang sudah berumur lebih dari empat tahun, maka ikan kecil yang menjadi pilihan untuk media bermain dan belajarnya.

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *