TANAMKAN KESYUKURAN TERHADAP MAKANAN PADA ANAK KITA #INFOBIASYAUMI

www.biasyaumifatimah.com – Makan adalah kebutuhan mendasar bagi manusia karena manusia membutuhkan nutrisi dari makanan untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Mengingat pentingnya tubuh untuk mendapatkan asupan makanan yang seimbang, fariatif dan bergizi, maka anak perlu dilatih mengenal jenis makanan dan kegiatan makan yang baik sejak dini. Yuk kita kupas apa saja yang dibutuhkan ananda ketika kegiatan makan agar ia mengenal macam makanan, adab makan dan pada akhirnya diharapkan anak dapat mensyukuri semua jenis makanan pemberian Allah SWT.

Pertama, pengenalan makan dimulai sejak anak-anak mendapatkan MPASI, yaitu dimulai dari bulan ke 6 usia anak. Dimulai dari yang bertekstur lembut, dan rasa yang sederhana. Secara bertahap tekstur dan rasa pada makanan anak sedikit sedikit ditingkatkan hingga anak-anak usia 1 tahun. Mulai usia 1 tahun anak-anak perlu dikenalkan dengan berbagai rasa pada makanan. Kenalkan pada mereka bagaimana rasa manis gurihnya labu, gurihnya daging ayam, segarnya sayur bayam, gurihnya tempe, lembut dan gurihnya tahu, asinnya keju, manis dan segarnya buah-buahan dan sebagainya. Meskipun sedikit usahakan anak-anak pernah mencicipinya di waktu kecil, karena selera makan kita tergantung pada apa yang dikenalkan pada kita sejak kecil. Berikan fariasi makan untuk ananda sehingga anak-anak menyukai berbagai jenis makanan.

Kedua, dampingi ananda ketika kegiatan makan. Sampaikan pada mereka kandungan gizi apa saja yang terkandung dalam makanan dan apa manfaatnya untuk tubuh kita. Seperti yang sudah dilaksanakan di Playgroup Yaumi Fatimah, ustadzah selalu mendampingi kegiatan anak-anak ketika makan sambil bercerita tentang kandungan makanan dan manfaatnya untuk tubuh. Dengan demikian lama kelamaan anak akan memahami pentingnya makanan yang ia makan untuk tubuhnya.

Ketiga, ajarkan adab makan seperti Rosulullah sejak dini. Beri contoh dan ajarkan do’a sebelum makan, biasakan mereka makan sambil duduk, makan dengan tangan kanan, dan tanamkan untuk tidak memubadzirkan makanan. Dengan seringnya kita ingatkan anak-anak untuk tidak mubadzir maka anak-anak akan punya konsep kuat dalam ingatannya bahwa tidak boleh memubadzirkan makanan.

Keempat, selain dengan do’a sebelum dan sesudah makan ajarkan anak kita untuk mensyukuri makanan yang ada, melalui lisan kita, misalnya kita ucapkan ,”Alhamdulillah hari ini kita diberi rejeki Allah ya dek, ada nasi, ada sayur bayam, ada tempe goreng, yuk kita bersyukur pada Allah dek, kita ucapkan apa? Alhamdulillah….”Sesungguhnya makanan adalah rejeki dari Allah untuk kita, dengan mendidik anak kita makan sesuai yang diajarkan Rosulullah termasuk salah satu bentuk kesyukuran kita kepada Allah Ta’ala atas segala karunianya.Semoga Allah memberi kemudahan kepada kita untuk bisa memberikan pendidikan makan yang baik kepada anak-anak kita…aamiin.

Penulis

Ustadzah Purwanti

========================

Follow us on :
FB : Bias Yaumi
IG : bias_yaummi
YT : Bias Yaumi Official

Untuk mendapatkan informasi tentang sekolah
Klik 👇…
http://bit.ly/psbyaumi

#BIASYAUMIFATIMAH
#SDITYAUMIFATIMAH
#TKITYAUMIFATIMAH
#PGITYAUMIFATIMAH
#DAYCAREYAUMIFATIMAH
#SekolahUnggulan
#SekolahIslamUnggulan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *